Mengukur Warna sekaligus Mengukur Opacity

9 10 2015

Berdasarkan tingkat Opacity-nya, sample dikategorikan ada 3 macam, yaitu:

  1. Opaque (tidak tembus cahaya)
  2. Translucent (semi opaque / semi transparan)
  3. Transparan (tembus cahaya)

Beberapa hal yang mungkin ada di benak Anda dan jawabannya

  1. Apakah Opacity perlu kita pantau / kita ukur nilainya?                                                                          Ans: Tentu sangat penting sekali, bayangkan saja produk minuman dengan botol transparan yang opacitynya tidak dikontrol, tentu akan mempengaruhi warna produk minuman di dalamnya
  2. Apakah ada alat ukur warna yang sekaligus bisa mengukur nilai Opacity?                                        Ans: Spectrophotometer HunterLab ColorFlex EZ akan menjawab kebutuhan Anda semua, dimana di dalam satu alat  yang standalone (tidak perlu dihubungkan ke software / PC), sudah bisa mengukur warna (dalam berbagai parameter dan index). Sambil menyelam minum air, sekali measure akan didapatkan nilai CIELab (L*a*b*) sekaligus nilai Opacity nya (OP), sangat mudah, cepat dan akurat.
  3. Apakah background (backing) yang bagus untuk pengukuran Opacity?                                             Ans: Pilihkan background warna hitam dan putih (tanpa pemutih (OBA/FWA). Background ini sering dikenal dengan sebutan ‘Contrast Card’ dan maker yang cukup terkenal adalah Leneta Card. Diperlukan backing yang stabil (Tidak cepat pudar warnanya) agar pengecekan warna ataupun opacity akan konsisten dari waktu ke waktu.

Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: