MENGENAL JENIS SAMPLE DALAM PEMILIHAN COLORMETER

27 10 2020

Sering kita jumpai di berbagai industri terutama sebelum memutuskan membeli colormeter, kebanyakan mereka cenderung hanya menyebutkan secara general bahwa mereka sedang mencari alat ukur warna untuk mengukur sample ini dan itu. Tidak jarang persepsi warna terhadap suatu sampel bisa meragukan setiap individu karena ada beberapa sample yang dianggap solid sebenarnya masih semi transparan atau sample semi transparan kadang dianggap full transparan dan begitu juga sebaliknya. Untuk memilih colormeter mana yang paling tepat berdasarkan kategori sampel tersebut di atas, pertama-tama kita harus mengetahui bahwa berdasarkan tingkat transparansinya, dalam dunia colormeter, sample dibagi ke dalam 3 jenis:

  1. SAMPLE OPAQUE

Adalah jenis sample yang tidak tembus cahaya atau solid.

Contohnya: plat berwarna, serbuk, pasta, butiran, chip dll.

2. SAMPLE TRANSLUCENT

Adalah jenis sample yang terlihat samar atau berbayang jika terkena cahaya.

Contohnya: minuman pulpy orange, jus, cairan lem dll.

3. SAMPLE TRANSPARENT

Adalah sample yang terlihat jernih, jelas saat diterawang atau tembus cahaya.

Contohnya: minuman sirup, air, plastik pembungkus, film, kaca dll.

Berdasarkan ketiga jenis sampel tersebut, mode alat colormeter dikelompokkan menjadi 2 (dua) kategori:

  1. Alat mode REFLECTANCE (= Pemantulan Sumber Cahaya)

Sampel jenis “Opaque” dan “Translucent” diukur dengan mode Reflectance. Alat dengan mode ini bekerja berdasarkan prinsip reflektansi atau pantulan cahaya yang mengenai benda dan diterima oleh sensor.

2. Alat mode TRANSMITTANCE (= Penerusan Sumber Cahaya)

Sampel jenis “Transparent” diukur dengan mode transmittance. Alat dengan mode ini bekerja dengan prinsip dasar cahaya yang melewati / menembus sampel dan diteruskan ke sensor.

Dengan memahami teori ini, maka user dapat mengetahui tipe alat apa / mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Tidak jarang masih ditemukan beberapa industri yang salah dalam memilih alat sehingga budget menjadi terbuang sia-sia karena mereka akhirnya lebih mengandalkan (=percaya) proses visual daripada instrumentasi. Konsultasi dan share informasi ke team expert color kami adalah cara yang tepat dan cepat dalam menentukan colormeter yang PALING SESUAI dengan kebutuhan BAPAK / IBU SEKALIAN. Silahkan HUBUNGI KAMI dengan senang hati kami akan support.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: